Kontrol Sosial Guru Pada Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Watansoppeng

SURIANA, SURIANA (2016) Kontrol Sosial Guru Pada Pelanggaran Tata Tertib Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Watansoppeng. Diploma thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
skripsi suriana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk 1) Megetahui kontrol sosial guru pada pelanggaran tata tertib siswa di SMA Negeri 2 Watansoppeng. 2) Mengetahui faktor penyebab pelanggaran tata tertib siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Watansoppeng. 3) Mengetahui dampak kontrol sosial guru pada pelanggaran tata tertib siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Watansoppeng. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI, guru SMA Negeri 2 Watansoppeng. Adapun jumlah informan sebanyak 15 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang digunakan yaitu siswa yang pernah melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah, guru bimbingan konseling dan wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kontrol sosial guru pada pelanggaran tata tertib siswa ialah dengan cara memberikan nasehat atau wejangan seperti jangan diulangi lagi, membuatkan surat atau perjanjian, memanggil yang bersangkutan bersama orang tuanya agar yang bersangkutan tidak mengulangi lagi yang diperbuatnya dan diberikan sanksi yang berat seperti dikeluarkan dari sekolah. 2) Faktor penyebab pelanggaan tata tertib siswa di sekolah adalah dari faktor yang berasal dari diri siswa ialah rasa malas dan bosan yang timbul dari dalam diri sendiri. Dari faktor lingkungan sekolah sering ikut-ikutan seperti ikut-ikutan sama temannya terlambat dan tidak ke sekolah, pelampiasan rasa kecewa dan faktor kendaraan. 3) Dampak kontrol sosial guru pada pelanggaran tata tertib siswa ialah dampak positif, siswa lebih dekat pada guru, sadarnya akan tanggung jawab siswa dan dampak negatif, siswa semakin melakukan pelanggaran karena kontrol sosial guru dia anggap tekanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:12
Last Modified: 02 Jan 2018 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item