Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto

SYAHARUDDIN, SYAHARUDDIN (2016) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
SYAHARUDDIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Pendekatan kuantitafif digunakan dalam menganalisis bagaimana hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dengan pemahaman konsep siswa. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan dalam mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binamu Kabupaten Jeneponto dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Subyek dalam penelitian ini 2 orang siswa yakni 1 orang siswa dengan skor gaya belajar visual tertinggi dan 1 orang siswa dengan skor gaya belajar auditorial tertinggi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner gaya belajar, tes pemahaman konsep, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara terstruktur. Data yang diperoleh dianalisis statistik non parametrik dengan Chi Square untuk menganalisis asosiasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar siswa. Analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Binamu Kabupaten Jeneponto dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat asosiasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pemahaman konsep siswa bergaya belajar visual dengan nilai χ2 hitung = 21,000 dan signifikansi (Asymp. Sig. (2-sided)) = 0,001 dan terdapat asosiasi antara kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pemahaman konsep siswa bergaya belajar auditorial dengan nilai χ2 hitung = 17,967 dan signifikansi (Asymp. Sig. (2-sided)) = 0,001. Siswa dengan skor gaya belajar visual dan auditorial tertinggi mampu memecahkan masalah SPLDV yang diberikan berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya dimungkinkan karena siswa memiliki pemahaman tentang SPLDV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2017 06:06
Last Modified: 27 Dec 2017 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item View Item