Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality Pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah Menengah Atas

AMIR, ISNAWATI (2017) Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality Pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ISNAWATI AMIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku ajar dan Augmented Reality pada konsep sistem pencernaan di sekolah menengah atas. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Penelitian ini menggunakan 3 jenis instrumen, yaitu (1) lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan buku ajar dan Augmented Reality, (2) lembar respon guru dan respon siswa untuk menilai kepraktisan buku ajar dan Augmented Reality dan (3) tes hasil belajar untuk menilai keefektifan buku ajar dan Augmented Reality. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata skor kevalidan buku ajar dan Augmented Reality dari 2 validator sebesar 4,3 sehingga buku ajar dan Augmented Reality berkategori valid. Persentase rata-rata skor respon guru sebesar 4.4 (kategori baik) dan rata-rata skor respon siswa sebesar 4.27 (kategori baik) sehingga buku ajar dan Augmented Reality berkategori Praktis. Dari tes hasil belajar diperoleh 34 siswa atau 88% siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan belajar sehingga buku ajar dan Augmented Reality berkategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan buku ajar dan Augmented Reality pada konsep sistem pencernaan di sekolah menengah atas mengacu pada model pengembangan ADDIE telah memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Buku Ajar, Augmented Reality, ADDIE, Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Dec 2017 05:09
Last Modified: 27 Dec 2017 05:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item