Profil kemampuan penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Siswa

GUSTIATI, MAYA (2017) Profil kemampuan penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Siswa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
MAYA GUSTIATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dalam pemecahan masalah, siswa yang memiliki: (1) kecerdasan emosional tinggi dengan gaya belajar visual, (2) kecerdasan emosional tinggi dengan gaya belajar auditori, (3) kecerdasan emosional tinggi dengan gaya belajar kinestetik, (4) kecerdasan emosional rendah dengan gaya belajar visual, (5) kecerdasan emosional rendah dengan gaya belajar auditori, dan (6) kecerdasan emosional rendah dengan gaya belajar kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes pemecahan masalah matematika (TPMM) dan wawancara. Pemilihan subjek berdasarkan level pengkategorian dari hasil instrument nontes tentang kecerdasan emosional dan gaya belajar. Peneliti bertindak sebagai instrument utama yang dipandu oleh tes kecerdasan emosional, tes gaya belajar, tpmm, dan pedoman wawancara yang valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan diverifikasi dengan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar yang terdiri dari enam orang subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan emosional tinggi dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik serta subjek kecerdasan emosional rendah dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan penalaran yang baik. Hal ini ditandai dengan subjek mampu memberikan alasan atau bukti terhadap satu atau beberapa solusi, subjek mampu memeriksa kesahihan suatu argument dan subjek mampu menarik kesimpulan logis. Sedangkan subjek dengan kecerdasan emosional rendah dengan gaya belajar auditori dan kinestetik masih menunjukkan kemampuan penalaran yang kurang, subjek tidak mampu memberikan alasan atau bukti terhadap satu atau beberapa solusi. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Dec 2017 08:24
Last Modified: 22 Dec 2017 08:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item