Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Makassar

EMBO, ESTIANA (2016) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Makassar. Diploma thesis, Fak. Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
ESTIANA EMBO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 4 Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan sebab akibat dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 153 siswa. Penentuan sampel menggunakan proporsional random sampling sebanyak 30 persen atau 45 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran di SMK Negeri 4 Makassar tergolong ‘sesuai’ diukur dengan indikator yang meliputi metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi. Motivasi belajar siswa khususnya siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Makassar tergolong ‘tinggi’, diukur dengan indikator kemauan, waktu, kewajiban dan ketekunan. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Makassar dengan tingkat kategori ‘sedang’, maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:49
Last Modified: 19 Dec 2017 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item