Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua

Alimuddin, Alimuddin (2017) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ALIMUDDIN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi dan evaluasi (observation and evaluation) , dan refleksi (reflection). Penelitian ini menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang merupakan pembelajaran berbasis kooperatif yang membentuk kelompok heterogen, meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan materi tersebut pada anggota kelompoknya. Pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan, motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua tahun pelajaran 2016/2017. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua tahun pelajaran 2016/2017. (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: PTK, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:18
Last Modified: 19 Dec 2017 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item View Item