Keefektifan Model Kooperatif Tipe Total Physical Respon(TPR) dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto

Arfiana, Arfiana (2017) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Total Physical Respon(TPR) dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
bab,1,2,3,4,5,pustaka 3-3-2017.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan Keefektifan Model Kooperatif Tipe Total Physical Respon (TPR) Dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang berjumlah 44 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan peneliti adalah sampling total kerena populasi yang ada pada penelitian kurang dari 100. Hasil penelitian kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto dalam pembelajaran membaca cerpen sebelum menggunakan model Total Physical Respon (TPR) dapat diketahui bahwa hanya 10 siswa yang mampu mendapat nilai 75 ke atas dan 34 siswa yang mendapat nilai di bawah 75. Hal ini menunjukkan siswa kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto pada saat pretest kebanyakan belum mampu mencapai nilai 75 keatas. Sedangkan hasil penelitian kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto dalam pembelajaran membaca cerpen setelah menggunakan model Total Physical Respon (TPR) dapat diketahui bahwa ada 37 siswa yang mampu mendapat nilai 75 ke atas dan 7 siswa yang mendapat nilai di bawah 75. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto pada saat posstest telah mampu mencapai nilai 75 keatas. Jadi, Model Kooperatif Tipe Total Physical Respon (TPR) efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Berdasarkan hasil analisis uji-t desain dua diperoleh thitung sebesar 26,86, ttabel sebesar 1,68 dengan db = N-1 44-1 = 43 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (26,86>1,68). Hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu model Kooperatif Tipe Total Physical Respon (TPR) efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Arungkeke Kabupaten Jeneponto (H1). Sesuai dengan hasil penelitian ini, diajukan saran yaitu: 1) Guru hendaknya menggunakan model Total Physical Respon dalam pembelajaran membaca cerpen, karena model ini efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca sastra khususnya membaca cerpen; 2) Peserta didik sebaiknya dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Selain dapat menciptakan suasana semangat dalam pembelajaran hal tersebut juga dapat membuat pembelajaran menjadi berkesan. Sehingga pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak mudah dilupakan; 3) Pembaca sebaiknya lebih cermat dalam memilih bahan bacaan yang bermanfaat. Pembaca yang akan menjadi peneliti hendaknya lebih fokus dalam menekuni sebuah permasalahan yang akan dijadikan bahan penelitian. Kata Kunci: Keefektifan, Membaca Cerpen, Model Kooperatif Tipe Total Physical Respon (TPR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:29
Last Modified: 18 Dec 2017 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item