Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemberian Soal Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Skripsi

SUKARDI, SUKARDI (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemberian Soal Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Skripsi. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
skripsi LENGKAP.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dimana perlakuan diberikan untuk menentukan pengaruhnya pada variable terikat, tetapi variabel-variabel lain yang berpengaruh tidak dapat dikontrol dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP yang di ajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, (2)untuk mengetahu kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP yang di ajar dengan model pembelajaran langsung, (3) untuk mengetahui Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Gowa pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Sungguminasa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah mempunyai skor rata-rata 2,333 dari skor ideal 4,00 yaitu kategori sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Sungguminasa setelah diterapkan model pembelajaran langsung mempunyai skor rata-rata 1,516 dari skor ideal 4,00 yaitu kategori rendah. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Sungguminasa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik jika dibandingkan model pembelajaran langsung Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Langsung, Kempuan Berpikir Kreatif Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:26
Last Modified: 30 Nov 2017 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item View Item