Latar Belakang Pendidikan dan Kinerja Guru di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara.

Aprillia Utami, Ristra (2016) Latar Belakang Pendidikan dan Kinerja Guru di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
11. skripsi.docx

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK . 2016. Skripsi. Dibimbing oleh Idham Irwansyah dan Zainal Arifin. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kendala yang dihadapi guru non sarjana pada saat mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. 2) Penyebab guru mengajarkan tidak sesuai dengan bidang studi yang diampuh dan penyebab guru non sarjana diperbolehkan mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. 3) Aspek yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang belum sarjana mengajar dan guru mengajarkan tidak sesuai dengan bidang strudinya di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara sebanyak 7 guru serta 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kendala yang dihadapi guru non sarjana pada saat mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara: a) Siswa kurang bisa diatur; b) Usia pendidik yang masih sangat muda. 2) Penyebab guru mengajarkan tidak sesuai dengan bidang studi yang diampuh dan penyebab guru non sarjana diperbolehkan mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara: a) Kekurangan guru yang sesuai bidang ilmunya; b) Kurangnya Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan keguruan di Luwu Utara. 3) Aspek yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara: a) kemampuan menyusun rencana pembelajaran; b) Kemampuan melaksanakan pembelajaran; c) Kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar; d) Kemampuan melaksanakan program pengayaan; e) Kemampuan melaksanakan program remedial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:25
Last Modified: 15 Mar 2018 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4130

Actions (login required)

View Item View Item