INTERAKSI ANTARA KREATIVITAS DAN GAYA KOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN DUAPITUE

Hairunnisa, Hairunnisa (2016) INTERAKSI ANTARA KREATIVITAS DAN GAYA KOGNITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN DUAPITUE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
harunnisa.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Hairunnisa. 2016. Interaksi antara Kreativitas dan Gaya Kognitif dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue. (Dibimbing oleh Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Ilham Minggi, M.Si.) Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui interaksi antara kreativitas dan gaya kognitif dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa (482 orang) kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidrap Tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil sejumlah 96 siswa menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi yang terjadi antara kreativitas dan gaya kognitif dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue, ada perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata prestasi belajar matematika antara siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue yang memiliki gaya kognitif field-dependent (FD) dengan siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue yang memiliki gaya kognitif field-independent (FI) dan tidak ada perbedaan yang signifikan pada skor rata-rata prestasi belajar matematika antara siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Duapitue yang memiliki kreativitas rendah . Kata Kunci: Kreativitas, Gaya Kognitif, Prestasi Belajar Matematika.   ABSTRACT Hairunnisa. 2016. The Interaction among Creativity, Cognitive Style and Student’s Mathematics Learning Achievement on Grade VIII SMP in Duapitue. (Supervised by Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. and Dr. Ilham Minggi, M.Si.) Type of this research was ex post facto that aimed to examine the interaction between creativity and cognitive style with student’s mathematics learning achievement on grade VIII SMP in Duapitue. The population of this research was all student (482 students) on grade VIII in Duapitue, Sidrap, Academic Year 2015/2016. The number of samples was 96 students which selected by using proportionate stratified random sampling. Data was collected by using the test. Data collected was analyzed by using multiple regression analysis and anova two ways. The result of research showed that: there was no interaction between creativity and cognitive style with student’s mathematics learning achievement on grade VIII SMP in Duapitue, there significant difference in the average score of mathematics learning achievement between the students on Grade VIII SMP in Duapitue that have cognitive style field-dependent (FD) with the students on Grade VIII SMP in Duapitue that have cognitive style field-independent (FI) and there significant difference in the average score of mathematics learning achievement between the students on Grade VIII SMP in Duapitue that have high creativity with students on Grade VIII SMP in Duapitue that have low creativity. Keyword: Creativity, Cognitive Style, Students’ Mathematics Learning Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:22
Last Modified: 27 Nov 2017 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item