PENYUSUNAN NORMA TES PAULI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN SMP DAN SMA

R, Yulianti (2017) PENYUSUNAN NORMA TES PAULI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN SMP DAN SMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENYUSUNAN NORMA TES PAULI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN SMP DAN SMA Yulianti R (yuliantir90@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Ahmad Ridfah (ahmad.ridfah@unm.ac.id) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 ABSTRAK Tes psikologi menjadi suatu bagian yang sangat penting dalam pengukuran terhadap individu. Tes psikologi berperan untuk menggali atribut psikologi pada individu, sehingga penting untuk menjamin kualitas suatu alat tes yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk menyusun norma tes Pauli yang baru berdasarkan tingkat pendidikan SMP dan SMA sederajat di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, subjek penelitian berjumlah 502 siswa SMP dan 505 siswa SMA. Penelitian ini menggunakan alat tes Pauli dalam pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan diolah menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian berupa norma baru dengan tiga kriteria yaitu baik, cukup, dan buruk. Kesimpulan yang didapatkan bahwa secara kuantitatif terjadi perubahan yaitu norma tes Pauli yang baru untuk tingkat pendidikan SMP dan SMA sederajat menunjukkan penurunan standar pada norma jumlah, salah, dibetulkan, dan simpangan sedangkan pada norma tinggi dan tempat puncak terjadi peningkatan standar dari norma yang disusun pada tahun 1978. Norma baru tes Pauli berdasarkan tingkat pendidikan SMP dan SMA sederajat bisa digunakan sebagai acuan dalam melakukan interpretasi hasil tes yang dilakukan di wilayah Makassar. Kata kunci: Norma, Tes Pauli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2017 06:27
Last Modified: 30 Aug 2018 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4014

Actions (login required)

View Item View Item