MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN PENERAPAN MNEMONIC TECHNIQUES

R, Mantasiah and Radhiyani, Fitri (2015) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN PENERAPAN MNEMONIC TECHNIQUES. In: ICOLE 4TH, 4-5 December 2015, MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
icole 2015.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan model pembelajaran mandiri dengan penerapan Mnemonic technique dan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris siswa utamanya kemampuan kosa kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah model pembelajaran mandiri dengan penerapan Mnemonic Technique efektif digunakan dalam meningkatkan kosakata siswa SMA Negeri 11Makassar (2) apakah kemampuan bahasa Inggris utamanya penguasaan kosakata siswa SMA Negeri 11 Makassar dapat meningkat melalui pembelajaran mandiri dengan penerapan Mnemonic Technique? Penelitian ini adalah penelitian pre experimental yang dimaksukan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa yang dimulai dengan pemberian pre test dalam bentuk “ vocabulary level test” tes ini terdiri dari 2000-word level, 3000- word level, dan 5000-word level. Selanjutnya diberikan perlakuan selama enam kali, dan pada akhir perlakuan diberi post tes. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Makassar dengan jumlah siswa sebagai sampel 36 orang 16 laki-laki dan 20 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui pemberian tes bentuk menjodohkan, pemberian angket dan laporan dari weekly report. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran mandiri dengan penerapan Mnemonic Technique sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa karena teknik ini memberikan peluang kepada siswa untuk belajar mandiri dan juga dapat meningkatkan motivasi siswa. Ini ditandai dengan keseriusan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas mandiri yang diberikan dan yang mereka peroleh dari Self Access Language learning Center dan (2) melalui pembelajaran mandiri dengan penerapan MnemonicTechnique, penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari pretest dan posttest, hasil uji t, hasil angket serta weekly report.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Bahasa Inggris
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mantasiah R
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:59
Last Modified: 29 Dec 2017 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item