Strategi Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Sebagai Inovasi Perkuliahan Biologi Dasar

Nurhayati, Nurhayati and Hadis, Abdul and Faisal, Faisal (2017) Strategi Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Sebagai Inovasi Perkuliahan Biologi Dasar. In: Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar,, 25 Februari 2017.

[img]
Preview
Text
NURHAYATI_B_2017_08_05_09_00_32_087-3.pdf

Download (436kB) | Preview
Official URL: http://mipa.unm.ac.id/mipaopen/NUrhayati_2017_08_0...

Abstract

Inovasi perkuliahan Biologi Dasar salah satunya dapat dilakukan melalui penyediaan modul pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa. KPS adalah bagian integral dari pembelajaran berbasis inkuiri termasuk diantaranya, keterampilan membuat pertanyaan ilmiah, merumuskan hipotesis, membuat desain percobaan, mengumpulkan dan menganalisis data hasil percobaan, dan membuat kesimpulan. Selain KPS, juga terdapat beberapa jenis keterampilan dasar sains (KDS) yang saling terkait dengan KPS antara lain, keterampilan mengobservasi, melakukan pengukuran, membuat tabel dan grafik, mengidentifikasi, mengklasifikasi dan sebagainya. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan KPS maupun KDS, mereka membutuhkan beragam situasi belajar untuk berlatih, sehingga ketersediaan modul pembelajaran dan strategi implementasinya sangat dibutuhkan. Pada makalah ini, kami menguraikan tiga tahapan strategi implementasi KPS dan KDS dalam konteks pembelajaran Biologi Dasar. Diawali dengan strategi implementasi tahapan KPS secara terpisah (individual scientific process skills strategy), kemudian strategi yang memandu mahasiswa menerapkan seluluh tahapan KPS (guided inquiry strategy), dan yang terakhir, yaitu strategi yang melatih mahasiswa untuk mendesain dan menerapkan prosedur percobaan ataupun investigasi mereka sendiri (open-ended inquiry strategy). Selain itu, kami juga menguraikan peran penting modul pembelajaran dalam mendukung keterlaksanaan ketiga tahapan strategi tersebut. Kami percaya bahwa dengan menerapkan strategi ini, mahasiswa akan lebih mudah berlatih menerapkan KDS ataupun KPS. Strategi ini juga mudah untuk diadaptasi oleh dosen ataupun guru mata pelajaran Biologi, yang ingin menerapkan KPS maupun KDS dalam praktik pembelajaran mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Prof. Dr Nurhayati Bedduside
Date Deposited: 10 Jan 2018 07:40
Last Modified: 10 Jan 2018 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3808

Actions (login required)

View Item View Item