PENGARUH IKLIM KELAS DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KAHU

Satriani, Satriani (2016) PENGARUH IKLIM KELAS DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KAHU. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (497kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex – post facto yang bersifat kausalitas dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) iklim kelas terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kahu, (2) iklim kelas terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kahu,(3) konsep diri terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kahu, (4) konsep diri terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kahu, dan (5) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kahu. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kahu dengan jumlah peserta didik 181 orang. Pengambilan sampel berdasarkan teknik slovin sehingga diperoleh 126 responden yang digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes hasil belajar fisika yang sebelumnya telah divalidasi.Proses analisis data dimulai dari Statistik deskriptif, dilanjutkan dengan Analisis Structural Equation Modelling (SEM). Analisis SEM dimulai dengan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis, kemudian diikuti analisis faktor dengan verifikasi kelayakan model untuk memperoleh model struktural tahap final. Model struktural tahap final ini dijadikan dasar dalam menguji hipotesis dan menjawab permasalahan penelitian. Berdasarkan analisis model struktural persamaan jalur diperoleh bahwa: (1) iklim kelas tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kahu, (2) iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kahu, (3) konsep diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kahu, (4) konsep diri berpengaruh positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kahu, dan (5) motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kahu. Kata kunci: Ex-post facto, Iklim kelas, Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:13
Last Modified: 06 Nov 2017 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item