PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS X SMK TEKNOLOGI PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR (Studi Pada Materi Pokok Konsep Mol)

Husain, Musyakkirah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS X SMK TEKNOLOGI PENERBANGAN HASANUDDIN MAKASSAR (Studi Pada Materi Pokok Konsep Mol). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
01 Artikel Jurnal Thesis Musyakkirah.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran metakognisi peserta didik pada materi konsep mol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase (LC 5E) dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan awal yang mereka miliki. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Kelas ekperimen pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E sedangkan kelas eksperimen kedua dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL. Instrumen tes yang digunakan berupa tes untuk mengukur kemampuan awal yang terdiri atas 20 item soal pilihan ganda dan tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 6 soal esaiserta angket kesadaran metakognisi untuk mengukur kesadaran metakognisi peserta didik. Analisis data menggunakan uji Two Way MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL lebih efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran metaognisi dibandingkan LC 5E, peserta didik berkemampuan awal tinggi memperoleh lebih baik dalam hal kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran metakognisi dibandingkan dengan peserta didik berkemampuan awal rendah. Kata kunci: model pembelajaran, kemampuan awal, kemampuan pemecahan masalah, kesadaran metakognisi, konsep mol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:09
Last Modified: 06 Nov 2017 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item