Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Plastisin Untuk Meningkatkan Pemahaman Huruf bagi Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B

DARMA, DARMA (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Plastisin Untuk Meningkatkan Pemahaman Huruf bagi Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I tutup.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran bermain plastisin yang menjadi kebutuhan model pada TK.Resky Mulia Kota Makassar? (2) Bagaimana gambaran desain model pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan kemampuan pemahaman huruf bagi anak usia dini pada kelompok B? (3) Bagaimana keefektifan model pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan pemahahaman konsep huruf bagi anak usia dini pada kelompok B? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendekskripsikan pelaksanaan pembelajaran bermain plastisin yang menjadi kebutuhan model pada TK.Resky Mulia Kota Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran model operasional pengembangan pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan kemampuan pemahaman huruf bagi anak usia dini pada kelompok B?. (3) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan pemahaman konsep huruf bagi anak usia dini kelompok B. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian dan pengembangan (Research and Development : R & D. Rancangan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan menurut ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran membaca permulaan selama ini di taman kanak-kanak masih berpusat pada guru, metode pembelajaran tidak memberikan akses kepada anak untuk berkembang secara mandiri dan kurang mengaktifkan indera yang dimiliki oleh anak, serta media yang digunakan kurang menarik. Kemampuan anak dalam membaca masih sangat rendah Hal ini terlihat dari masih sulitnya anak membedakan beberapa huruf terutama yang hampir sama bentuknya sehingga sangat sulit menanamkan konsep suku kata, kata dan kalimat pada anak selain itu anak belum memiliki kemampuan mengidentifikasi huruf –huruf dan membuat sendiri huruf tersebut. Kebutuhan guru-guru PAUD akan inovasi model-model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, seperti penggunaan media plastisin dalam pembelajaran membaca permulaan (2) Rancangan produk yang dihasilkan adalah buku model yang sebagai landasan filosofis dan perangkat pembelajaran sebagai landasan operasional yang terdiri: Program semester, Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, dan Rancangan Kegiatan Anak. (3) Hasil pengembangan penelitian, MPBPMKPH-KB memenuhi kriteri valid oleh ahli, efektif berdasarkan keterlaksanaan dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, serta efektif yang ditunjukkan oleh aktivitas anak, pencapaian komptensi belajar dan respon guru terhadap model. ABSTRAK DARMA, Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Plastisin Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Huruf bagi Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Tahun 2014. (Dibimbing oleh Achmad Tolla, dan Lukman). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran bermain plastisin yang menjadi kebutuhan model pada TK.Resky Mulia Kota Makassar? (2) Bagaimana gambaran desain model pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan kemampuan pemahaman huruf bagi anak usia dini pada kelompok B? (3) Bagaimana keefektifan model pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan pemahahaman konsep huruf bagi anak usia dini pada kelompok B?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendekskripsikan pelaksanaan pembelajaran bermain plastisin yang menjadi kebutuhan model pada TK.Resky Mulia Kota Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran model operasional pengembangan pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan kemampuan pemahaman huruf bagi anak usia dini pada kelompok B?. (3) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran bermain plastisin untuk meningkatkan pemahaman konsep huruf bagi anak usia dini kelompok B. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian dan pengembangan (Research and Development : R & D. Rancangan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan menurut ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan anak dalam memahami huruf masih sangat rendah Hal ini terlihat dari masih sulitnya anak membedakan beberapa huruf terutama yang hampir sama bentuknya sehingga sangat sulit menanamkan konsep suku kata, kata dan kalimat pada anak selain itu anak belum memiliki kemampuan mengidentifikasi huruf –huruf dan membuat sendiri huruf tersebut. (2) Desain ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu analisis, design dan development, berupa penyusunan instrumen, pemilihan format penilaian, menentukan landasaan filosofi dan landasan operasional didapatkan bahwa perlunya suatu Rancanagan produk. Rancangan produk yang dihasilkan adalah buku model yang sebagai landasan filosofis dan perangkat pembelajaran sebagai landasan operasional yang terdiri: Program semester, Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, dan Rancangan Kegiatan Anak. (3) Hasil pengembangan penelitian, MPBPMKPH-KB memenuhi kriteri valid oleh ahli, efektif berdasarkan keterlaksanaan dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, serta efektif yang ditunjukkan oleh aktivitas anak, pencapaian komptensi belajar dan respon guru terhadap model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Nov 2017 02:58
Last Modified: 03 Nov 2017 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item