EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIBERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 8 JENEPONTO

Wahyuni, Sri (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIBERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 8 JENEPONTO. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal_Sri Wahyuni_PTK_A_14B20013.docx

Download (54kB)

Abstract

Abstrak: Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik di SMK Negeri 8 Jeneponto. (dibimbing oleh Abdul Muis Mappalotteng dan Purnamawati). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis pemecahan masalah, (2) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik terhadap penerapan pembelajaran inkuiri berbasis pemecahan masalah pada instalasi listrik di SMK 8 Jeneponto, (3) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penerapan pembelajaran inkuiri berbasis pemecahan masalah pada instalasi listrik di SMK 8 Jeneponto, (4) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inkuiri berbasis pemecahan masalah efektif pada mata pelajaran instalasi listrik.Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu atau Quasi Eksperiment.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 8 Jeneponto dan subjek penelitiannya adalah semua peserta didik kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 8 Jeneponto yang berjumlah 40 orang.Analisis data respon peserta didik, aktivitas peserta didik berada dalam kategori sangat tinggi. Tingkat kemampuan awal siswa cenderung sama, ini berdasarkan hasil uji t yaitu nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,405. Analisis uji tnilai posttestdiperolehnilai0,007.Halinidapatdiartikankemampuanpeserta didik menggunakanmodelpembelajaraninkuiri berbasis pemecahan masalah lebih baik, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran efektif dengan persentase ketuntasan 95%. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran inkuiri, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:37
Last Modified: 02 Nov 2017 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item