PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIABERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA

Lasmiarni B, Lasmiarni B (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIABERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI KELAS XI IPA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok sistem koloid di kelas XI IPA yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta Didik (BPD), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK) dengan mengikuti prosedur pengembangan 4D yang meliputi empat tahap yaitu tahap pendefinsisan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil uji validitas menunjukkan validitas RPP, BPD, LKPD, dan LKPD dalam kategori valid dengan koefisen kevalidan 1. Kepraktisan perangkat pembelajaran diukur dengan lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, respon guru dan respon peserta didik. Hasil analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 3,54 dengan kategori tinggi, hasil pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,38 dengan kategori baik, hasil angket respon guru sebesar 3, hasil angket respon peserta didik masing-masing sebesar 36,84% (kategori sangat merespon) dan 63,16% (kategori merespon). Berdasarkan hasil tersebut maka perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran berkaitan dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik, penilaian sikap, dan keterampilan. Nilai keefektifan yaitu 57,89% berada pada interval 50%<KPP≤75%, dan ini menunjukkan kategori efektif. Kata Kunci : Pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, model 4-D, berpikir kritis. ABSTRACT The study aims at examining the development process of Chemistry learning tools based on scientific approach to improve critical thinking skill of students in Colloid System material in class XI IPA which is valid, practical, and effective. The learning tools developed are in forms of lesson plan (RPP), student’s book (BPD), student’s workbook (LKPD), and critical thinking skill test (TKBK) which refers to 4D development procedures, conducted in four stage, namely defining stage, design stage, development stage, and dissemination stage. The result of the study reveals that the learning tools developed have met validity, practicality, and effectiveness aspects. The result of validity test indicates that the validity of RPP, BPD, and LKPD are in valid category. The practicality of learning tools is measured by using observation sheet of the implementation of learning tools and teachers’ ability in managing the learning. The result of observation analysis of the implementation of learning tools is 3.54, which is in high category, and the result of observation on teachers’ ability in managing the learning is 3.38, which is in good category. Based on the aforementioned result, the learning tools are stated as practical. The effectiveness of learning tools is related to the critical thinking ability of students and students’ response. The field test indicates that the score based on test of critical thinking ability of the student has met the minimal completeness criteria and students’ involvement includes attitude and students’ skill. The students’ response on the tools developed is 95.53%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:01
Last Modified: 02 Nov 2017 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item