PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PA’JUKUKANG

Muslimin, Muslimin (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PA’JUKUKANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(15) JURNAL MUSLIMIN.docx

Download (58kB)

Abstract

ABSTRACT This study included research and development (research and development) which aims to: (1) produce a learning device physics project-based approach to process skills are valid, practical, and effective, (2) describe the learning device physics project-based approach to process skills that have been developed can improve students' learning activities, and (3) determine improving student learning outcomes after the use of project-based learning tools with process skills approach that has been developed. Development of project-based learning tools to approach this process skills development model learning device 4-D (Model Four D) Thiagarajan. This model consists of four phases: definition stage (define), stage design (design), stage of development (develop), and the deployment phase (disseminate). Collecting data using sheet keterlaksanaan learning is validated by validator and observations by teachers, achievement test and questionnaire, then the data were analyzed with descriptive analysis techniques. The results showed that the analysis of the enforceability of learning and the learning device being done to see the extent of the practicality of the device was 1.76 and executed entirely in the category. Analysis of test results of study show that there are 12 people tested thoroughly studied (80%) and three people who did not pass the study (20%), but no students were categorized as very low. This value has been as expected. Based on the analysis of student activity at the trial, of six (6) categories were observed and fulfilled all of these categories because they are all on the criteria of Good and Very Good. Analysis of students' response to project-based learning approach process skills gained an average percentage of 76.67% said very positive, 23.33% declared positive, and no student is stated quite positive or less positive. Keywords :Project ( Project Based Learning ), Process Skills Approach ABSTRAK: Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek dengan pendekatan keterampilan proses yang valid, praktis, dan efektif, (2) mendeskripsikan perangkat pembelajaran fisika berbasis proyek dengan pendekatan keterampilan proses yang telah dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakan perangkat pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan keterampilan proses yang telah dikembangkan.Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan keterampilan proses ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D (Model Four D)Thiagarajan.Model ini terdiri dari empat tahap yaitu: tahap pendefinisian(define), tahap rancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate).Pengumpulan data menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang divalidasi oleh validator dan pengamatan oleh guru, tes hasil belajar, dan angket, selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tentang keterlaksanaan pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang dilakukan untuk melihat sejauh mana kepraktisan perangkat adalah 1,76 dan berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Analisis tes hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat 12 orang dinyatakan tuntas belajar (80 %) dan 3 orang yang tidak tuntas belajar (20 %), tetapi tidak ada siswa yang masuk kategori sangat rendah. Nilai ini telah sesuai yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa pada uji coba, dari 6 (enam) kategori yang diamati dan semua kategori tersebut terpenuhi karena semuanya berada pada kriteria Baik dan Sangat Baik. Analisis respon siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan keterampilan proses diperoleh persentase rata-rata 76,67% menyatakan sangat positif, 23,33% menyatakan positif, dan tidak ada siswa yang menyatakan cukup positif atau kurang positif. Kata Kunci:Proyek (Project Based Learning), Pendekatan Keterampilan Proses.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:21
Last Modified: 31 Oct 2017 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item