PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENCAIPAIAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 POLUT KABUPATEN TAKALAR

Hasnawati, Hasnawati (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENCAIPAIAN HASIL BELAJAR PESERTADIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 POLUT KABUPATEN TAKALAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(3) JURNAL HASNAWATI.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRACT: This research is a development (Research and Developmen) which refers to the four D models (Model 4-D) to test a device that aims to: (1) produce a Plan Implementation Learning (RPP) oriented guided inquiry qualified valid, practical, and effective in teaching physics at SMA Negeri 1 PolutKabupatenTakalar; (2) analyze the response of students to the physics-oriented guided inquiry learning; and (3) determine learning outcomes of students after use of guided inquiry learning tools that have been developed. Data collected through observation and tests of learning outcomes and then later the data were analyzed using descriptive analysis. Learning tools developed include: lesson plan (RPP), worksheets pesrta students (LKPD), and achievement test after the validation and testing of the device then that device is declared valid, making it feasible to use in learning physics. The trial devices implemented on the learner learning X2 class SMA Negeri 1 PolutTakalar. Based on the analysis of data obtained that: 1) Plan of Implementation of Learning (RPP), 2) Worksheet Students (LKPD), and the test results of learning as a supporter of the RPP, suggesting that the learning device meets the criteria very valid, practical, and effective use , Development Implementation Plan oriented Guided Inquiry learning is effectively used in learning physics. Effective indicators in this study have seen improved results of pretest-posttest and pretest-posttest difference in the results. This is supported by the calculation of the N-gain. Keywords: Software Development, Guided Inquiry Model, and Achieving the Learning Outcomes ABSTRAK: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen) yang mengacu pada four D models (Model 4-D) dengan uji coba perangkat yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) berorientasi inkuiri terbimbing yang berkualitas valid, praktis, danefektif dalam pembelajaran fisika di SMANegeri 1 Polut Kabupaten Takalar; (2) menganalisis respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran fisika berorientasi inkuiri terbimbing; dan (3) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah digunakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja pesrta didik (LKPD), dan tes hasil belajar setelah dilakukan validasi dan uji coba perangkat maka perangkat tersebut dinyatakan valid, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan pada peserta didik kelas X2 SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Berdasarkan hasil analisis data di peroleh bahwa: 1) Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), 2) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes hasil belajar sebagai pendukung RPP, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat valid, praktis, danefektif digunakan. Pengembangan Rencana Pelaksanaan pembelajaran berorientasi Inkuiri Terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran fisika. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil pretest-posttest dan selisih hasil pretest-posttest. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan N-gain. Kata Kunci:PengembanganPerangkat, Model Inkuiri Terbimbing, danPencapaianHasilBelajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:00
Last Modified: 31 Oct 2017 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item