PENGARUH LMS EDMODO TERHADAP MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 WONOMULYO

MT Kohar, Nasmur (2016) PENGARUH LMS EDMODO TERHADAP MOTIVASIDAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 WONOMULYO. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnal.docx

Download (71kB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh LMS Edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi peserta didik SMPN 3 Wonomulyo. Pendekatan penelitian adalahkuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Non randomized Pretest-posttes Control Grup design, dengan teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar dan tes hasil belajar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas IX SMP Negeri 3 Wonomulyo, yang teridiri atas 6 rombel dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling,Berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan peneliti, maka terpilih kelas IX B sebagai sampel (kelompok eksperimen).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Penggunaan LMS Edmodo pada pembelajaran Biologi meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 3 Wonomulyo walaupun tidak berpengaruh secara statistik. (ii) Penggunaan LMS Edmodo pada pembelajaran Biologi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Biologi peserta didik SMP Negeri 3 Wonomulyo Kata Kunci: LMS Edmodo, Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi The aim of this thesis to know The influence LMS Edmodo to motivation and the Learning Outcomes Biology the students SMP 3 of Wonomulyo. The methode of this thesis is quantitative with Quasi Eksperimen. Design that used was Non Randomized PreTest-posttes Control Goup design, with collect technic by students motivation and result of test. The population in this thesis is all of the students of the third class of SMP3 of Wonomulyo, such as six class with technic collecting sample Purposing Sampling, based on the characteristic that has fixed by the researcher, so the researcher chose IX B as a sample (group sample). The result of this thesis showed that (i) The using of LMS Edmodo in Learning Biology to improve of study motivation of students SMP 3 of Wonomulyo but it is not influential in statistic. (ii) The using of LMS edmodo in Learning Biology is influential as significant to the result study of the students SMP 3 of Wonomulyo. Key Word: LMS Edmodo, motivation and Learning Outcomes Biology

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:23
Last Modified: 30 Oct 2017 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item