KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA

NURKAMAL, NURKAMAL (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Nurkamal.doc

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Tigether dengan pendekatan openended dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tondong Tallasa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen desain dengan one group pretest-posttes desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tondong Tallasa dan sampel yakni kelas X.A sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah Lembar observasi keterlaksanaaan pembelajaran, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar peserta didik, data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriftif menunjukan bahwa (1) Hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi., (2) Tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test tidak ada yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sedangkan pada post-test sebesar 80% dalam kategori tuntas, (3) Rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, (4) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan (5) Respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan openended berada pada kategori positif. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 15.0 untuk menguji hipotesis menunjukkan bahwa data hasil belajar peserta didik pada post-test, gain ternormalisasi serta data respos peserta didik signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriftif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan openended dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep efektif diterapkan. ABSTRACT The reseach aims at describing the effectiveness of inquiry learning of cooperative setting by implementating problem-solving approach on quadrilateral subject material to students of SMAN 1 Tondong Tallasa. This reseach used pre-experimental study. The population of this research was the entire class X students at SMAN 1 Tondong Tallasa and the sample was class X.A as the experiment class chosen by conducting simple random sampling technique. The data collection consisted of students’ study results, students’ activity in learning in learning process, and students’ responses to the lesson. The data was analized by employing descriptive and inferential analysis. The result of the research shows that students’ mathematics study result in the experiment class is in high category. Based on the pre-test of student’ mathematics study result, the mean score is 27.16 with deviation standard 6.72; whereas in post-test, the mean score is 79.4 with deviation standard 15,31, the level of completeness clasically in pretest is nothing that reach complete criterion minimum and 80% in post-test categorized as complete, the average gain normalized is in high category. The students’ activities in learning process minimally is in very good category with the average score 3.5. The students’ responses on the inquiry learning of cooperative setting by implementing problem-solving approach minimally is in positive category with the mean score 3.29. Thus, the conclusion is the inquiry learning of cooperative setting by employing problem-solving approach on quadrilateral subject material to students of SMAN 1 Tondong Tallasa is effective to be implemented.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:40
Last Modified: 30 Oct 2017 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item