EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 BANTAENG

Abu, Asynaeni (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 BANTAENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(3) JURNAL ASNAENY ABU.docx

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK: Pemilihan model yang tepat dalam pembelajaran akan menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik dan membuat siswa aktif sehingga timbul motivasi siswa yang akan berdampak pada hasil belajar yang akan meningkat dan mengakibatkan tujuan pembelajaran tercapai. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bercirikan adanya perlakuan (treatment) terhadap objek yang akan diteliti. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL)dengan strategi Think Talk Write (TTW).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem based learning (PBL)dengan strategi Think Talk Write (TTW)efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bantaeng yang ditinjau dari aktivitas, motivasi, dan hasil belajar. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bantaeng. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis One-sample-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) skor rata-rata gain hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL)dengan strategi Think Talk Write (TTW)berada pada kategori sedang, (ii) skor rata-rata aktivitas berada pada kategori sangat baik, (iii) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (iv) Model Pembelajaran Problem based learning (PBL)dengan strategi Think Talk Write (TTW) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI SMK Negeri 4 Bantaeng. Kata Kunci:Problem Based Learning, Think Talk Write, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:17
Last Modified: 30 Oct 2017 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item