ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAREPARE

Rahim, Nurahmah (2015) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PAREPARE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnal untk Tesisku.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Fokus dalam penelitian ini adalah materi operasi hitung bentuk aljabar.Peneliti ingin mengetahui lebih dalam dan luas pemahaman siswa terkait materi operasi hitung bentuk aljabar. Dalam menyelesaikan soal-soal operasi bentuk aljabar menuntut berbagai materi prasyarat yang harus dikuasai oleh siswa. Antara lain penjumlahan, pengurangan,perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar. Khususnya pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Yaitu pada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan penyederhanaan pecahan aljabar Serta faktor-faktor siswa melakukan kesalahan ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 3 Parepare yang dipilih dengan menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 4 subjek penelitian, 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Independent dan 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) metode observasi, 2) metode tes yaitu tes diagnostik dan GEFT yang dilakukan kepada siswa kelasVIII.1 SMPN 3 Parepare, 3)metode wawancara dilakukan kepada siswa yang mengalami kesalahan disesuaikan dengan gaya kognitif siswa tersebut. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kesalahan konseptual yang dilakukan siswa antara lain: pada penjumlahan dan pengurangan yang menggunakan tanda positif dan negatif, kesalahan konsep penjumlahan pengurangan bentuk aljabar, kesalahan tidak memfaktorkan, salah menafsirkan prinsip pencoretan. (2) kesalahan prosedural yang dilakukan siswa antara lain: Kesalahan karena tidak menuliskan variabel, kesalahan penjumlahan atau perkalian atau pembagian, kesalahan tidak menyederhanakan jawaban, kesalahan tidak menjawab soal, kesalahan menuliskan tanda, kesalahan memfaktorkan. (3) faktor-faktor siswa melakukan kesalahan antara lain: Siswa tidak mengetahui cara menyamakan penyebut berbeda pada pecahan aljabar, siswa kurang mahir dalam memfaktorkan, Siswa tidak mahir dalam memanipulasi langkah penyelesaian, siswa tidak mengerti aturan penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis, siswa tidak dapat mengkaitkan materi pada soal dengan materi yang telah diperoleh sebelumnya, siswa kurang teliti dalam melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian dan penyederhanaan bentuk aljabar Selain itu ditemukan juga penyebab kesalahan konsep yaitu siswa kurang aktif dalam bertanya dan mengerjakan soal secara mandiri Kata Kunci : Analisis, Kesalahan, Gaya Kognitif, Operasi Aljabar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:45
Last Modified: 27 Oct 2017 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item View Item