STUDI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI ATMOSFER PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 3 TAKALAR

Musriani, Musriani (2015) STUDI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI ATMOSFER PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 3 TAKALAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dengan pembelajaran lansung, (2) Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar Geografi, (3) Efektifitas dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar atau dengan pembelajaran lansung. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa (1) hasil belajar yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar memperoleh hasil belajar yang lebih baik berada pada kategori tinggi dengan rerata 80 dan standar deviasi 10,14 dari skor ideal dibanding dengan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran lansung berada pada kategori sedang dengan nilai rerata 69.39 dengan standar deviasi 12.23 dari skor ideal 100, (2) Ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar Geografi. Hasil belajar dalam pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat ditingkatkan apabila guru dapat memilih dan menerapkan media yang tepat sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran yang diberikan (3) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran Geografi pada pokok bahasan Atmosfir lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran lansung. Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Hasil Belajar Geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:55
Last Modified: 23 Oct 2017 08:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item