Pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas siswa jurusan musik di SMKN 1 Somba Opu. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Ardhiah, Garini (2015) Pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas siswa jurusan musik di SMKN 1 Somba Opu. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Ardhiah Garini. 2015.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Ardhiah Garini. Skripsi. 2015. Pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas siswa jurusan musik di SMKN 1 Somba Opu. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Salah satu ciri anak kreatif di Indonesia adalah memiliki keyakinan. Efikasi diri sebagai bentuk keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam mengorganisasi, melakukan tugas, menghasilkan karya, dan mengimplementasikan dalam tindakan agar potensi kreatifnya dapat terlihat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas siswa SMKN 1 Somba Opu. Subjek penelitian ini adalah siswa jurusan musik, baik musik non klasik maupun musik tradisi di SMKN 1 Somba Opu sebanyak 46 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala efikasi diri dan Tes Kreativitas Figural (TKF). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS for windows 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kreativitas siswa jurusan musik SMKN 1 Somba Opu (R = 0,295, P = 0,047 atau P<0,05). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa semakin tinggi pula kreativitasnya, dan semakin rendah efikasi diri siswa, semakin rendah pula kreativitasnya. Kata Kunci: Efikasi diri, kreativitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:52
Last Modified: 06 Apr 2017 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item