Efektivitas Pembelajaran Berbasis Intelligent Teaching and Learning with Computer (iTALC) dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran KKPI SMKN 1 Galesong Selatan

Akbar, Muh (2016) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Intelligent Teaching and Learning with Computer (iTALC) dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran KKPI SMKN 1 Galesong Selatan. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL AKBAR 14B20024.docx

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis iTALC; (2) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan pembelajaran kognitif; (3) untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran berbasis iTALC dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Objek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMKN 1 Galesong Selatan. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes objektif. Bentuk tes dalam penelitian ini berupa tes objektif tertulis pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban sebanyak 30 soal. Hasil dari penelitian ini adalah (1)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis iTALC menunjukkan hasil belajar pada ranah kognitif mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum KTSP; (2) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan hasil belajar pada ranah kognitif belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum KTSP; (3) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis iTALC lebih efektif dibandingan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: iTALC, eksperimen, kognitif siswa, KKPI, SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:02
Last Modified: 19 Oct 2017 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item