KEEFEKTIFAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

ROSDIANI, ROSDIANI (2016) KEEFEKTIFAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Rosdiani.doc

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan metode Karyawisata terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tinambung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Equivalent Control Group Design sehingga ada dua kelas yang digunakan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tinambung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 82 orang dan terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang terpilih yaitu siswa kelas IX B sebanyak 20 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX A sebanyak 20 orang sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis yaitu berupa tes menulis cerpen. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai t hitung yang diperoleh sebesar 10.547 dengan Sig (2 tailed) = 0,000 pada taraf signifikansi 95% dengan df.19 diperoleh t tabel = 1.73. Jadi, t hitung (10.547) > t tabel (1.73) atau Sig (2 tailed) = 0,000 < σ (0,05), maka H1 diterima karena t hitung > t tabel atau Sig (2 tailed) < σ = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara pembelajaran menulis cerpen dengan menerapkan metode karyawisata pada sampel siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Tinambung kabupaten Polewali Mandar dengan pembelajaran menulis cerpen dengan menerapkan metode konvensional pada sampel siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Tinambung kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar (1) siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tinambung hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya dalam menulis, khususnya menulis cerpen; (2) guru bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Tinambung dapat meneerapkan metode karyawisata sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis cerpen; (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh pemanfaatan metode karyawisata terhadap kompetensi yang lain. Kata Kunci: cerpen, karyawisata, keefektifan, kemampuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Oct 2017 05:54
Last Modified: 18 Oct 2017 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item