PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENGALAMAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Iryani, Juniarti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENGALAMAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah jenis penelitian ekserimen sesungguhnya yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan pengalaman dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada peserta didik SMA Negeri 10 Makassar. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Factorial Design dengan rancangan penelitian desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah delapan kelas peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA1, XI IPA4, XI IPA5 dan XI IPA6 yang pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling. Data-data hasil penelitian diperoleh melalui angket motivasi berprestasi dan tes hasil belajar fisika. Tekhnik analisis data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji ANAVA. Dari pengujian hipotesis, diperoleh bahwa (1) secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pebelajaran berdasarkan pengalaman dan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik pada kelompok motivasi berprestasi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan pengalaman dan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik pada kelompok motivasi berprestasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan pengalaman dan model pembelajaran konvensional dan (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar. Kata kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Penglaman, Model Pembelajaran Langsung, Motivasi Berprestasi, dan Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:41
Last Modified: 17 Oct 2017 02:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item