PENGARUH GAYA BELAJAR, IKLIM KELUARGA, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMA NEGERI KELAS XI IPA KECAMATAN SOMBA OPU

Amriadi, Amriadi (2016) PENGARUH GAYA BELAJAR, IKLIM KELUARGA, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMA NEGERI KELAS XI IPA KECAMATAN SOMBA OPU. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.doc

Download (329kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, iklim keluarga, dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika SMA Negeri kelas XI IPA Kecamatan Somba Opu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kecamatan Somba Opu 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proporsional stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Sungguminasa, XI IPA 2, dan XI IPA 4 di SMA Negeri 2 Sungguminasa. Banyaknya sampel adalah 158 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes gaya belajar, angket iklim keluarga, angket kepercayaan diri, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) terdapat pengaruh iklim keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) tidak terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa, 4) terdapat interaksi antara gaya belajar dengan iklim keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa, (5) terdapat interaksi antara gaya belajar dengan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa, (6) tidak terdapat interaksi antara iklim keluarga dengan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa (7) terdapat pengaruh gaya belajar, iklim keluarga, dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 13% dan 87% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Gaya Belajar, Iklim Keluarga, Kepercayaan Diri, dan Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:11
Last Modified: 17 Oct 2017 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3180

Actions (login required)

View Item View Item