EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMPN 3 PALAKKA KABUPATEN BONE

Yuliana, Yuliana (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMPN 3 PALAKKA KABUPATEN BONE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(20) JURNAL YULIANA.docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK: Tujuan Penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas pemanfaatan laboratorium IPA dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Palakka.Penelitian ini adalah penelitian pre- eksperimental (pre-eksperimental design) dengan menggunakan design one group pretest posttest, artinya penilaian yang dilakukan untuk mengukur 96,91 siswa dengan cara memberikan pretest untuk mengukur penguasaan konsep peserta didik sebelum perlakuan dan posttest untuk mengukur penguasaan konsep setelah perlakuan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMPN 3 Palakka.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) pemanfaatan laboratorium IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, ini dapat dilihat setelah pembelajaran biologi dengan memanfaatkan laboratorium IPA, motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 96,91, (ii) Pemanfaatan laboratorium IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dapat dilihat setelah pembelajaran Biologi, hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata- rata 82,70. Kata Kunci:Pemanfaatan Laboratorium,Motivasi dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:41
Last Modified: 13 Oct 2017 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3157

Actions (login required)

View Item View Item