MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KALAM KUDUS SORONG

SEKEWAEL, RUT SARLOTA (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN ALAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KALAM KUDUS SORONG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (57kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media berbahan alam di Taman Kanak-kanak kalam Kudus 2.Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kemampuan membaca 3.untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap kemampuan membaca pada anak taman Kanak-kanak kalam Kudus Sorong. Penilitian ini merupakan jenis penilitian eksperimen pretest posttest tehknik pengumpulan data observasi,dokumentasi sample penilitian ini sebanyak 15 anak terdiri dari 7 anak perempuan 8 anak laki-laki. Hasil penilitian menunjukan gambaran pelaksanaan kegiatan membaca, dilalui dengan 4 tahapan yaitu: 1. pembukaan 2. pelaksanaan 3. Evaluasi 4.Penutup menyiapkan modul pembelajaran evaluasi melalui Tanya jawab. Kelompok eksperimen ini menunjukan bahwa setelah membaca melalui media berbahan alam dikategorikan baik peningkatan ini dilihat hasil (Pretest) test awal dan post test sesudah pembelajaran hasil penilitian ini menunjukan nilai skort tingkat rendah ,dengan koefisien normalisasi gain 6<0,3 sedang 0,3<9<0,7,tinggi 6,0,07 dengan hasil tersebut maka dikatakan membaca dengan hasil tersebut maka dikatakan membaca dengan menggunakan media pembelajaran berbahan alam dinyatakan tuntas artinya ada respon terhadap pembelajaran menggunakan media berbahan alam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 05:37
Last Modified: 13 Oct 2017 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3140

Actions (login required)

View Item View Item