EFEKTIVITAS PENERAPAN EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL AND APPLICATION (ELPSA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEORI BRUNER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 MAKASSAR

Syahdan, St. (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL AND APPLICATION (ELPSA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEORI BRUNER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel ST. SYAHDAN (14B07053).docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan dua kelas eksperimen, yakni kelas VII.1 yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VII.2 yang terdiri dari 33 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kedua kelas diberi perlakuan yang sama yaitu dengan menerapkan experience, language, pictorial, symbol and application (ELPSA) pada pembelajaran matematika berbasis teori Bruner. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif, analisis statistika inferensial dan analisis keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 29 Makassar setelah penerapan experience, language, pictorial, symbol and application (ELPSA) pada pembelajaran matematika berbasis teori Bruner berada pada kategori tinggi, peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VII SMP Negeri 29 Makassar signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 29 Makassar setelah diajar melalui penerapan experience, language, pictorial, symbol and application (ELPSA) pada pembelajaran matematika berbasis teori Bruner tidak mencapai ketuntasan klasikal; 2) aktivitas siswa dengan penerapan experience, language, pictorial, symbol and application (ELPSA) pada pembelajaran matematika berbasis teori Bruner berada pada kategori aktif; dan 3) respons siswa terhadap penerapan experience, language, pictorial, symbol and application (ELPSA) pada pembelajaran matematika berbasis teori Bruner berada pada kategori cenderung positif. Secara umum disimpulkan bahwa, penerapan Experience, Language, Pictorial, Symbol and Application (ELPSA) cukup efektif pada pembelajaran matematika berbasis teori Bruner pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Kata Kunci: ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol and Application), Teori Bruner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 05:20
Last Modified: 13 Oct 2017 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item View Item