PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK PNIEL AIMAS KABUPATEN SORONG

ANNAS, EMIE (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK PNIEL AIMAS KABUPATEN SORONG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel.docx

Download (44kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui media gambar pada TK Pniel Aimas Kabupaten Sorong.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun dengan jumlah 20 anak semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Media gambar sangat berbpengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak dalam membaca gambar, menyusun huruf, merangkai suku kata, merangkai kata menjadi kalimat serta pengucapan kata secara baik dan benar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar yang diberikan selama proses pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbahasa anak, dimana sebelum perlakuan skor rata-rata kemampuan berbahasa hanya mencapai 1,37 sedangkan setelah diberi perlakuan dengan penerapan pembelajaran melalui media gambar meningkat menjadi 3,98 jika dikategorikan kurang menjadi kategori baik, artinya ada respon positif anak usia dini terhadap pembelajaran dengan media gambar. Kata kunci : Kemampuan Berbahasa, Media Gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:05
Last Modified: 11 Oct 2017 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item