PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN BONE

RUKAYAH, RUKAYAH (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Indonesia Artikel Rukayah (1).docx

Download (52kB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menciptakan prototipe bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa kelas V sekolah dasardi Kabupaten Bone dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Desain tindakan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data temuan dianalisis dengan pendekatan deksriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian: (1) Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar menulis puisi berbasis media audiovisual dengan format video. dikemas dalam bentuk kepingan compact disk (CD) yang terbagi menjadi empat video (empat keping, (2) bahan ajar menulis puisi berbasis media audiovisual dinyatakan layak. Rerata aspek isi atau materi sebesar 3.30 dengan kategori valid, rerata aspek penyajian bahan ajar sebesar 3.60 dengan kategori sangat layak, rerata aspek kegrafikan sebesar 3.71 dengan kategori sangat layak, dan rerata aspek kebahasaan sebesar 3.66 dengan kategori sangat layak, (3) bahan ajar menulis puisi berbasis media audiovisual praktis digunakan dalam pembelajaran menulis puisi oleh siswa kelas V di Kabupaten Bone. Hal ini ditunjukkan dengan rerata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 4.57 dengan kategori sangat praktis dan rerata hasil observasi pengelolaan pembelajaran dengan rata-rata 4.54 dengan kategori sangat praktis, (4) bahan ajar menulis puisi berbasis media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh respon guru, siswa dan hasil tes belajar siswa. Rerata respon keempat guru sebesar 3.88 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, dari 80 siswa, 73 atau 91.25% di antaranya memberikan respon dengan baik atau sangat baik. Hasil tes menunjukkan bahwa setelah siswa belajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 71.43%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:40
Last Modified: 10 Oct 2017 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item