Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao

Kurnia, Rina (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Rina Kurnia.docx

Download (57kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) Memperoleh informasi tentang kualitas perangkat pembelajaran fisika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. (2) Menganalisis seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MA Madani Alauddin Paopao setelah diajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. (3) Menganalisis respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Four D dari Thiagarajan, yang terdiri atas 4 tahap pelaksanaan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessimenate), yng dimodifikasi menjadi 3tahap pelaksanaan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian ini diujicobakan pada MA Madani Alauddin Paopao Kelas XI IPA 2 Tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri atas 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik berupa (i) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (ii) Materi Ajar Peserta Didik; (iii) Lembar Kerja Peserta Didik dinyatakan layak dan reliabel (2) peningkatan Hasil Belajar Fisika peserta didik setelah perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik diterapkan sebesar 0,50 berdasarkan uji N-gain, atau termasuk dalam kategori sedang (3) respon peserta didik terhadap perangkat dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berada pada kategori positif, yaitu sebesar 78,81%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik, dan Hasil Belajar Fisika Abstract-The study aims at (1) obtaining information on the quality of problem-based learning model on physics subject with scientific approach, (2) analyzing the extent of students’ learning result on physics subjek in grade XI at MA Madani Alauddin Paopao after being taughtby using problem-based learningwith scientific approach, (3) analyzing students’ response toword physics learning using problem-based learning model with scientific approach. This study is development research which refers to Four D model by Thiagarajan,which consists of 4 stages of implementation, namely defining, design, development, and dessimination, modified to 3 stages of implementation, namely defining, design and development. The studywas conducted at Ma Madani Alauddin Paopao in grade XI IPA 2 of academic year 2014/2015 with de total of 24 students. The result of the study reveal that (1) the problem-based learning model with scientific approach is in forms of (i)the lesson plan, (ii) the textbook, (iii) the students’ workbook wich is comfirmed as feasible and reliable. (2) the improvement of students’learning result on physics subject after implementing problem-based learning model with scientific approach is 0,50 or in medium category, (3) the students’ response towords the device and the implementation of learnng activity are in positive category, 78,81%. Keywords : Problem-based learning model with scientific approach, physics learning result..

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:38
Last Modified: 09 Oct 2017 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item