KEEFEKTIFAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR

Anriani, Anriani (2016) KEEFEKTIFAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Anriani.docx

Download (33kB)

Abstract

, Nurdin Arsyad, Djadir Guru SMK Negeri 6 Makassar Dosen Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar, Indonesia Indonesia, e-mail : anrisweet83@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis website dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Makassar dan sampel yakni kelas X Tata busana 3 dan Tata Busana 4 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, data hasil belajar peserta didik, dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 3,12 , hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori tinggi dengan mean 3,23 pada skala 4 dan standar deviasi 0,28, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 97%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis website berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,61. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berbasis website dalam pembelajaran matematika pada peserta didik Kelas X SMK Negeri 6 Makassar efektif diterapkan. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, website

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:28
Last Modified: 06 Oct 2017 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item