MUHAJIRAH MUSTAFA. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru Studi Pada Materi Pokok Hasil Kali Kelarutan (dibimbing oleh Ramlawati dan Tinggi Banggali).

MUHAJIRAH, MUSTAFA. (2014) MUHAJIRAH MUSTAFA. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru Studi Pada Materi Pokok Hasil Kali Kelarutan (dibimbing oleh Ramlawati dan Tinggi Banggali). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
MUHAJIRAH MUSTAFA. 2014.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAJIRAH MUSTAFA. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru Studi Pada Materi Pokok Hasil Kali Kelarutan (dibimbing oleh Ramlawati dan Tinggi Banggali).Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal dan interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru tahun ajaran 2013/2014 yang bejumlah 127 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA 3 dan IPA 4. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian 2 arah/jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah tergolong masih rendah (2 Kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran inkuiri pada kemampuan awal rendah, dan kemampuan awal sedang termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan pada kemampuan awal tinggi untuk masing-masing model termasuk dalam kategori sedang (3) Tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru, (4) Ada pengaruh kemampuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru (5) Tidak ada interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Barru. Kata kunci: Inkuiri, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Awal, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:49
Last Modified: 30 Nov 2016 11:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item