Studi Tentang Manajemen Pembelajaran Di SMK Negeri 3 Makassar”

Nurlillah, Rimah (2015) Studi Tentang Manajemen Pembelajaran Di SMK Negeri 3 Makassar”. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hasil Uji Reliabilitas.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah karena masih adanya tenaga pengajar atau guru yang belum melaksanakan manajemen pembelajaran dengan baik sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran manajemen pembelajaran di SMKN 3 Makassar dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan manajemen pembelajaran di SMKN 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Alasan pemilihan ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Kuesioner digunakan untuk mengambil data dari peneliti di lapangan dengan melibatkan guru SMKN 3 Makassar dengan jumlah responden 65 orang guru. Secara keseluruhan data pelaksanaan manajemen pembelajaran terdiri dari 20 soal. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik angket dan dokumentasi, Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara persentase.. Selanjutnya diolah dengan SPSS (Statistical Program For Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan perencanaan pembelajaran guru di SMK Negeri 3 Makassar termasuk dalam kategori sangat baik, berdasarkan beberapa aspek sebagai berikut: 1) perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik, 2) pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik, 3) evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Sep 2017 00:48
Last Modified: 08 Sep 2017 00:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item