MULYANI, DIAN (2015) Pengembangan Budaya Sekolah (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al – Fityan Kabupaten Gowa). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I - V.docx Download (105kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentangpengembanganbudayasekolah (studikasuspadasekolahdasar Islam terpadu Al –FityankabupatenGowa). Fokus penelitian ini adalah pada pengembangan budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al – Fityan Kabupaten Gowa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengembanganbudayasekolahdi sekolahdasarislamterpadu Al –FityankabupatenGowa.Pendekatanpenelitian ini adalahpendekatankualitatifdengan jenis penelitian studi kasus. Selanjutnya yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepalasekolah, 3orang guru, 1 orang stafdan 2 orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah wawancara, observasidan dokumentasi. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapengembanganbudayasekolahdi SDIT Al – FityanKabupatenGowadariaspeknilai, ditunjukkandengandibuatnyakegiatandzikirpagi, shalatduhadanmengajiuntukmenanamkannilaiibadah, nilaitauhiddannilaiahklaksertanilaikedisiplinanInfaqjumatuntukmengajarkannilaikeikhlasan. Program penunjukanketuakelasbergiliranuntukmengajarkannilaiamanah (tanggungjawab).Kegiatanjumatbersihuntukmengajarkannilaikebersihan.Adapunnilai – nilaisosialdengandibuatnyapertemuanrutindankelompokpengajian (tarbiyah), makanbersama, kegiatanbincang – bincangantara guru denganstafdanperlombaan – perlombaan.Aspeknormaditunjukkandenganadanyapenghargaan yang diberikankepada guru dansiswa yang berprestasi. Sanksi yang diberikanselalubermuatanbimbingan yang dapatmenambahwawasanwargasekolahsertaaturanpemisahansiswalaki – lakidanperempuan yang berada di kelas 4 sampaikelas 6.Dari aspekperilaku, kepalasekolahturutberperandalammemantauperilakusiswa di luarkelas, berbaurdenganwarganyatanpamelihatjabatannyasebagaipemimpin, melibatkan guru danstafdalam proses pengambilankeputusan. Perilaku guru danstaf, yang menunjukkansikapketerbukaandantidaksungkanmemintabantuankepadakepalasekolah.Terhadapsiswa, guru danstaftetapmemantauperilakusiswa di luarkelasdanmemberikancontohsikap yang dapatdijadikanpanutan.Perilakusiswa yang menghormatikepalasekolah, guru danstafsertamenjalinhubungan yang baikantarasesamasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 08:06 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 08:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2830 |
Actions (login required)
View Item |