“Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo

Andriani E, Andriani E (2016) “Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Andriani E.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Andriani E., 2014. ”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Enung Mariah dan Syamsudduha. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo, (2) kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo, dan (3) membuktikan perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks berita menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo yang berjumlah 234 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII D yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas kontrol memeroleh nilai rata-rata 67,35 dan siswa kelas eksperimen memeroleh nilai rata-rata 74,35. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai th > tt, berarti Ha diterima. Berdasarkan analaisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks berita antara siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonomulyo. Sesuai dengan hasil penelitian diajukan saran, yaitu diharapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis teks berita dengan dikemas lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, menulis, teks berita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:25
Last Modified: 04 Jul 2017 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item