Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia

Irnawati, Irnawati (2016) Analisis Bentuk Kesantunan Maksim pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar”. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Irnawati.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa dalam bentuk percakapan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar pada situasi formal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam, mentranskripsi, dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis kesantunan maksim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa adalah sebagai berikut. Pertama, kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru yang ditemukan adalah maksim kearifan dan maksim kedermawanan. Kedua, bentuk kesantunan maksim pada tuturan guru ke siswa adalah maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Ketiga, bentuk kesantunan maksim pada tuturan siswa ke siswa adalah maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kesepakatan, dan maksim pujian. Adapun kesantunan maksim pada tuturan siswa ke guru, guru ke siswa, dan siswa ke siswa terdapat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Makassar. Kata Kunci: kesantunan maksim, kalimat, maksim

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:09
Last Modified: 04 Jul 2017 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item