PEMBELAJARAN KREATIVITAS TARI MELALUI CIPTA GERAK PADA SISWA KELAS IX DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI UPT SPF SMPN 1 MAKASSAR

SYAIRNA WIDAR, P. (2022) PEMBELAJARAN KREATIVITAS TARI MELALUI CIPTA GERAK PADA SISWA KELAS IX DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI UPT SPF SMPN 1 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Penelitian P. SYAIRNA WIDARI - P. Syairna Widari.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kreativitas tari melalui cipta gerak pada siswa kelas IX dalam mata pelajaran seni budaya di UPT SPF SMPN 1 Makassar. (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran kreativitas tari melalui cipta gerak pada siswa kelas IX dalam mata pelajaran seni budaya di UPT SPF SMPN 1 Makassar. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memaparkan permasalahan sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Pembelajaran seni budaya (tari) di UPT SPF SMPN 1 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa penerapan cipta gerak dalam pembelajaran seni budaya di lakukan dengan 2 tahap yaitu tahap awal yang terdiri dari dua kegiatan yakni penemuan gagasan dan penemuan referensi gerak adapun pada tahap pelaksanaan ada dua kegiatan juga yakni pembuatan gerak dan penyajian atau penampilan dimana sistem pembelajarannya secara berkelompok. Dalam mengetahui hasil belajar kreativitas siswa melalui cipta gerak guru seni budaya di UPT SPF SMPN 1 Makassar menerapkan evaluasi teori dan evaluasi praktek, dimana penilaian tersebut belum mampu memberikan kepastian tentang seberapa meningkat dan berkembangnya kreativitas siswa di UPT SPF SMPN 1 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 22 Nov 2022 09:54
Last Modified: 22 Nov 2022 09:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25604

Actions (login required)

View Item View Item