Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Web Di SMAN 6 Makassar dan SMAN 2 Maros

Makmun, Nurlindah and Ismail, Ismail and Adnan, Adnan (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Web Di SMAN 6 Makassar dan SMAN 2 Maros. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1 (2). pp. 143-150. ISSN 2621-5535

[img] Text (Dokumen)
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Web Di SMAN 6 Makassar dan SMAN 2 Maros.pdf

Download (404kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Hasil Peer Review Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Web Di SMAN 6 Makassar dan SMAN 2 Maros.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/8181/4724

Abstract

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Berbasis Web Kelas SMA X. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah validator, peserta didik SMAN 6 Makassar dan SMAN 2 Maros masing – masing 2 kelas yakni Kelas X MIA 1 dan Kelas X IPS 2 beserta guru Biologi Di SMA masing – masing teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Produk yang dikembangkan dilatarbelakangi oleh kurikulum dan pengembangan teknologi infomasi dan komunikasi (TIK). Produk ini nantinya akan menitip beratkan peserta didik untuk mandiri dalam belajar karena aktivitas dan sumber belajar telah disediakan. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, bahan ajar, media Web berbentuk e-learning menggunkan sistem moodle (classbiology.com) yang bersifat valid dan praktis. perangkat pembelajaran yang dihasilkan memiliki tinggkat validasi dari pakar dengan kategori valid ditunjukkan dari nilai validitas Silabus 4,18, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diperoleh nilai validitas 4,37, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperoleh nilai validitas 4,1 , materi atau bahan ajar diperoleh nilai validitas 4,01 dan Web berbasis moodle diperoleh nilai validitas 4,23.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 20 Nov 2022 08:55
Last Modified: 21 Nov 2022 08:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25555

Actions (login required)

View Item View Item