Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Arisah, Arisah and Adnan, Adnan and Amira, Amira (2021) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Profesi Kependidikan, 2 (1). pp. 81-88. ISSN 2252-7559

[img] Text (Dokumen)
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.pdf

Download (133kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Hasil Peer Review Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/download/27385/1...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN Satap 4 Takkalalla. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap satu siklus berlangsung selama 10 hari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar setiap siklus berupa tes online. Teknik lembar observasi aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN Satap 4 Takkalalla.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 20 Nov 2022 08:44
Last Modified: 21 Nov 2022 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25552

Actions (login required)

View Item View Item