ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK MATA PELAJARAN DI SULAWESI SELATAN

Saleh, Muh. Haruna and Yunus, Muchtar and Rakib, Muhammad (2013) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK MATA PELAJARAN DI SULAWESI SELATAN. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Buku Hasil Penelitian)
Buku Hasil Penelitian - Analisis Kompetensi Pedagogik.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review - Buku Hasil Penelitian)
Peer Review - Laporan Penelitian Analisis Kompetensi Pedagogik.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img] Text
04. peer reviewer Buku_Analisis Kompetensi Pedagogik Mata Pelajaran (pak rakib).pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Pada prinsipnya persoalan pokok pendidikan di Indonesia, menyangkut masalah perluasan akses yaitu peningkatan Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu factor yang menentukan mutu pendidikan adalah kompetensi pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kompetensi pedagogic dan professional Pendidik Taman kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sulawesi Selatan, dengan populasi penelitian adalah seluruh pendidik yang telah tersertifikasi dan telah mengikuti Uji Kompetensi Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai ujian Kompetensi guru di provinsi Sulawesi Selatan di lihat dari kompetensi pedagogic dan profesionalnya sebagai berikut; (1) TK termasuk dalam kategori rendah (2) SD termasuk dalam kategori rendah (3) SDLB termasuk dalam kategori rendah (4) SMP termasuk dalam kategori sedang (5) SMA termasuk dalam kategori sedang (6) termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini merekomendasikan untuk (1) diberi perhatian khusus dalam peningkatan kompetensi pedagogic dan professional pendidik TK, SD, SDLB, SMP, SMA, dan SMK, melalui diklat, (2) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, (3) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, (4) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, (5) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran; dan (6) Melakukan tindakan reklektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran yaitu memberikan kesempatan kepada pendidik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi seperti S1 dan S2.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 18 May 2017 09:44
Last Modified: 13 Jun 2021 12:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item