Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri Model Makassar.

Vani, Muslimawati (2015) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri Model Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Vani Muslimawati.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Vani Muslimawati, 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri Model Makassar. Skripsi Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa MTs Negeri Model Makassar. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dalilul Falihin, S.Ag, M.Si dan Dr. Herman, S.Pd, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa di MTs Negeri Model Makassar, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MTs Negeri Model Makassar, 3) Apakah ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat prestasi belajar siswa di MTs Negeri Model Makassar.Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari gambaran status sosial ekonomi orang tua (variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII, kelas VIII dan kelas IX sebanyak 589 orang serta yang menjadi sampel kelas VII, VIII dan IX sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskritif dan analisis statistik kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Status sosial ekonomi orang tua siswa di MTs Negeri Model Makassar berada pada kategori “baik”, dilihat dari aspek tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan jumlah tanggungan orang tua, 2) Prestasi belajar siswa di MTs Negeri Model Makassar berada pada kategori “baik”, dilihat dari pengukuran dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa, 3) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa MTs Negeri Model Makassar, berada pada kategori “sangat kuat” berdasarkan pengolahan data dari angket siswa MTs Negeri Model Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: ?? sch_law ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:02
Last Modified: 25 Apr 2016 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item