Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa yang Aktif dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Di MTs DDI Kanang

Purnamasari, Iin (2015) Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa yang Aktif dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Di MTs DDI Kanang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Iin Purnamasari.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Iin Purnamasari. 2015. Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa yang Aktif dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Di MTs DDI Kanang. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Kepercayaan diri adalah sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri, orang yang mempunyai sikap percaya diri mudah melaksanakan semua hal yang sesuai dengan keinginannya serta hangat dan sopan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Organisasi merupakan salah satu wadah yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri disekolah agar siswa mampu mengeksplorasi segala kemampuan yang ada dalam dirinya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi di MTs DDI Kanang Sulawesi Barat. Siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 80 orang siswa sebagai subyek penelitian. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi dan melibatkan 40 siswa yang aktif organisasi dan 40 siswa yang tidak aktif dalam organisasi. Hasil analisis data pada siswa yang aktif berorganisasi sebesar 0,88 dan siswa yang tidak aktif berorganisasi sebesar 0,40 dengan N = 80 sehingga dapat dilihat bahwa hasil nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam organisasi memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak tidak aktif dalam organisasi. Kata kunci : Kepercayaan Diri, Siswa, Organisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:19
Last Modified: 07 Apr 2017 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item