Penerapan Model Problem Basic Learning terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas X Keperawatan SMK YPIB Majalengka Tahun 2021

Purnasih, Teti and Adnan, Adnan and Nur, Ernawati (2022) Penerapan Model Problem Basic Learning terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas X Keperawatan SMK YPIB Majalengka Tahun 2021. Jurnal Profesi Kependidikan, 3 (1).

[img] Text (Dokumen)
29. Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas X.pdf

Download (442kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
29. Hasil Peer Review Penerapan Model Problem Learning terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di Kelas X.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/29356/13785

Abstract

Pembelajaran (Problem Based Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai suatu konteks untuk belajar cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dalam (3) tiga siklus. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Oktober 2021 dan subyek penelitiannya adalah 16 peserta didik SMK YPIB Majalengka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Ceklist. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar peserta didik pada siklus I dari 16 peserta didik yang hadir, 2 peserta didik (12,5%) yang bertanya, 4 peserta didik (25,0%) mampu menjawab pertanyaan, 3 peserta didik (18,75%) mampu menyimpulkan materi dan 3 peserta didik (18,75%) mampu berargumen. Pada siklus II dari 15 peserta didik, terdapat 4 peserta didik (26,6%) yang bertanya, 7 peserta didik (46,66%) mampu menjawab pertanyaan, 4 peserta didik (26,6%) mampu menyimpulkan materi dan 6 peserta didik (40,0%) mampu berargumen. Pada siklus III dari 15 peserta didik, terdapat 7 peserta didik (46,66%) yang bertanya, 8 peserta didik (53,33%) mampu menjawab pertanyaan, 7 peserta didik (46,66%) mampu menyimpulkan materi dan 7 peserta didik (46,66%) mampu berargumen. Dari hasil penelitian ini adanya peningkatan yang signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Anatomi Fisiologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Basic Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMK YPIB Majalengka.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: adnan
Date Deposited: 18 Aug 2022 12:37
Last Modified: 24 Aug 2022 04:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24325

Actions (login required)

View Item View Item