MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA PENYANDANG DISABILITAS PANTI SOSIAL BINA DAKSA WIRAJAYA MAKASSAR

ABRAR, NISWAR (2020) MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA PENYANDANG DISABILITAS PANTI SOSIAL BINA DAKSA WIRAJAYA MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NISWAR ABRAR - Icha Jamal.pdf

Download (186kB)

Abstract

Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kegiatan bernyanyi pada penyandang Disabilitas panti sosial bina daksa makassar.dan 2) Bagaimana dampak pada tingkat percaya diri Penyandang Disabilitas Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar melalui kegiatan bernyanyi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan penumbuhan kepercayaan diri melalui kegiatan bernyanyi pada penyandang disabilitas panti bina daksa wirajaya makassar. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni 1) studi pustaka, 2) observasi, 3) dokumentasi, 5) wawancara. Kemudian Hasil penelitian ini di analisis dengan 3 langkah yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni: 1) Implementasi kegiatan bernyanyi pada penerima manfaat ini dilakukan dengan model kegiatan pembelajaran bernyanyi. Adapun pembelajaran tersebut dibagi atas 3 tahap yakni tahap awal, tahap lanjutan dan tahap akhir dan setiap tahap terdiri atas 2 pertemuan. Kemudian pada setiap tahap dilakukan evaluasi untuk melihat perkembangan dari penerima manfaat sebagai upaya menumbuhkan rasa percaya dirinya.. 2). Data hasil penelitian diperoleh dari penilaian secara langsung menghasilkan beberapa peningkatan pada setiap tahapan. Terutama pada tahap lanjutan penerima manfaat banyak yang meningkatkan kepercayaan dirinya dari tingkat “kurang percaya diri” ke tingkat “cukup percaya diri” kemudian penerima manfaat yang belum memiliki rasa percaya diri percaya diri juga mengalami peningkatan yakni pada tahap awal tingkat “rendah diri” sebanyak 5 orang menjadi 0 atau tidak ada pada tahap akhir. Dalam artian penelitian ini terbilang cukup berhasil dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada penyandang disabilitas panti sosial bina daksa wirajaya makassar karena dapat menyentuh peningkatan secara keseluruhan para penerima manfaat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:55
Last Modified: 06 Sep 2022 08:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24244

Actions (login required)

View Item View Item